Friday, June 16, 2017

Model Etika Dalam Bisnis, Sumber Nilai Etika, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Etika Manajerial & Norma dan Etika Dalam Pemasaran, Promosi, MSDM, dan Finansial

A. Model Etika dalam Bisnis

a. Tingkatan Manajemen

Menurut Carroll dan Buchollz (2005) terdapat tiga tingkatan manajemen dilihat dari cara pelaku bisnis dalam menerapkan etika bisnis :

1.  Immoral Manajemen :
   Cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara yang tidak benar.
2.  Amoral Manajemen :
   Tujuannya sama dengan Immoral, namun memiliki dua tingkat yaitu tidak sengaja melanggar aturan dan dengan sengaja melanggar aturan.
3.  Moral Manajemen :
    Menerima dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku namun juga meletakan prnsip etika dalam kepemimpinannya. 

b. Agama, Filosofi, Budaya dan Hukum

  1. Agama, adalah sumber dari segala moral dalam etika apapun dan kebenarannya absolut (tidak diragukan dan tidak boleh meragukan nilai-nilai etika yang berasal dari agama). Yang berhubungan dengan nilai agama adalah : narasi, simbol, sejarah suci, sifat manusia, etika, hukum agama.
  2. Filsafat, merupakan sumber nilai etika yang utama dijadikan sebagai acuan dalam mengendalikan bisnis. Hal yang berhubungan dengan filsafat adalah : kebijaksanaan, dasar penentuan, hubungan interpersonal, pendidikan formal dan informal, dan keagamaan.
  3. Budaya, diambil untuk acuan bagi etika bisnis dalam wujud pengalaman dan perkembangan nya. Hal yang berhubungan dengan nilai budaya adalah : sistem agama, politik, adat istiadat, komunikasi, dan seni.
  4. Hukum, merupakan aturan hidup yang bersifat memaksa, memiliki sanksi yang tegas dan nyata. Hal yang berhubungan dengan hukum adalah : administrasi hukum, hukum internasional, hak asasi manusia, hukum pidana.

c. Leadership

Leadership merupakan kemampuan suatu individu untuk mempengaruhi, memotivasi, dan membuat orang lain memberikan kontribusinya demi efektivitas dan keberhasilan organisasinya.

d. Strategi dan Performasi

Fungsi penting dari sebuah manajemen, berupa : gagasan, perencanaan, eksekusi aktivitas, kompromi etika.

e. Karakter Individu

Karakter individu merupakan sifat watak atau suatu kepribadian khas yang dimiliki oleh seorang individu.

f. Budaya Organisasi

Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut anggotanya untuk membedakan suatu organisasi dengan organisasi lainnya.

B. Norma dan Etika dalam Pemasaran

a. Pasar dan Perlindungan Konsumen

Pasar adalah tempat terjadinya permintaan dan penawaran. Perlindungan konsumen merupakan upaya yang menjamin adanya kepastian untuk memberikan perlindungan hukum kepada konsumen.

b. Etika iklan

Ada dua etika dalam melakukan iklan :
  1. Tata krama : bagaimana cara menyebarluaskan pesan iklan tersebut
  2. Tata cara : mengatur kegiatan periklanan yang adil bagi semua pihak yang bersangkutan

c. Privasi Konsumen

Privasi yang dimaksud adalah :
  1. Kemampuan untuk mengontrol interaksi
  2. Kemampuan untuk memperoleh pilihan-pilihan
  3. Kemampuan untuk mencapai interaksi yang diinginkan

C. Promosi

a. Multimedia Etika Bisnis

Salah satu cara pemasaran yang efektif dapat melalui multimedia. Elemen multimedia dapat berupa text, audio, video, dan animasi. Penggunaan multimedia ini dimanfaatkan pada periklanan media seperti koran, majalah, radio, bahkan televisi. Namun, didalam bisnis multimedia pun ada batasan aturan atau etika. Etika bisnis multimedia didasarkan pada pertimbangan :
  1. Akuntabilitas perusahaan
  2. Tanggung jawab sosial
  3. Hak dan kepentingan stakeholder

D. MSDM

a. Etika Produksi

Didalam etika produksi, terdapat hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
  1. Nilai
  2. Hak dan kewajiban
  3. Peraturan moral
  4. Hubungan manusia
  5. Hubungan dengan alam

b. Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Dalam pemanfaatan sumber daya manusia, permasalahan yang masih dihadapi oleh bangsa Indonesai adalah :
  1. Kualitas SDM
  2. Terbatasnya jumlah lapangan kerja
  3. Angka pengangguran yang cukup tinggi

c. Etika Kerja

Etika kerja merupakan norma yang melandasi tata krama hubungan antara seorang karyawan dengan pihak lainnya.

d. Hak-Hak Kerja

Terdapat 7 hak-hak kerja, yaitu :
  1. Hak dasar pekerja dalam hubungan kerja
  2. Hak dasar pekerja atas jaminan sosial dan K3
  3. Hak dasar pekerja atas perlindungan upah
  4. Hak dasar pekerja atas pembatasan waktu kerja istirahat, cuti, dan libur
  5. Hak dasar untuk membuat perjanjian kerja bersama (PKB)
  6. Hak dasar khusus untuk pekerja perempuan
  7. Hak dasar pekerja mendapat perlindungan atas tindakan pemutusan hubungan kerja (PHK).

e. Hubungan Saling Menguntungkan

Maksud dari hubungan saling menguntungkan ialah menuntut agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan satu sama lain. Persaingan bisnis bisa melahirkan kondisi win-win situation atau menguntungkan semua pihak.

E. Finansial

a. Persepakatan Penggunaan Dana

Rencana penggunaan dana harus bernar-benar transparan, komunikatif, dan mudah dipahami. Semua harus diatur atau ditentukan dalam perjanjian kerja sama penyandang dana dengan alokator dana.

Sumber :


No comments:

Post a Comment